Solusi bagi Anda yang Mudah Lupa dalam Belajar

Rumus matematika yang harus dihapal, tahun-tahun penting pelajaran sejarah, poin penting dalam suatu materi, merupakan suatu hal yang harus dihapal dan dikuasai terlebih jika Anda seorang pelajar yang ingin menghadapi ujian. Meski sudah berkali-kali membaca dan telah hapal, terkadang selang beberapa waktu bisa hilang sekejap dan lupa akan materi yang telah dipelajari.

Daya ingat seseorang pada dasarnya dapat diasah. Ada beberapa yang memiliki daya ingat singkat, ada juga yang memiliki daya ingat yang lama. Kesalahan sebagian orang sebenarnya adalah menghafal tanpa memahami suatu materi. Alhasil, hafalan Anda hanya mampu bertahan beberapa waktu saja.

Dalam rubrik solusi pendidikan kali ini, akan membahas bagaimana sih, caranya mengingat lebih lama materi yang ingin dipelajari? Berikut tips untuk Anda yang mudah lupa dan merasa kesulitan dalam belajar:

Bukan masalah menghafal, akan tetapi memahami

Menghafal memang bisa membuat Anda menjadi orang pintar secara instan. Namun tidak menjamin Anda ingat dalam jangka waktu yang lama. Karena Anda hanya menghafal tanpa memahami poin-poin tersebut.

Adakalanya Anda baca secara perlahan terlebih dahulu, lalu coba pahami pengertian dan maksudnya. Ubahlah pengertian tersebut ke dalam kalimat Anda sendiri tanpa menghilangkan arti yang ada. Dengan begitu, materi yang Anda pelajari akan bertahan lebih lama.

Cari inti dan kesimpulan

Jika membaca keseluruhan materi terlihat kurang efektif, maka cobalah buat kesimpulan dari apa yang Anda pelajari atau baca. Akan jauh lebih bagus jika Anda menyimpulkannya per paragraf. Metode menyimpulkan akan jauh lebih efektif karena Anda tahu inti dari sebuah bacaan atau materi yang Anda pelajari.

Garis bawahi hal-hal penting

Masih juga malas membaca, cobalah ambil spidol berwarna untuk menggaris bawahi hal-hal penting pada setiap paragraf. Ini akan membantu Anda untuk lebih fokus dalam mengingat bagian-bagian terpenting dalam materi yang Anda pelajari.

Santai dan tidak tertekan

Jika Anda sedang dirundung masalah, istirahatlah. Jangan paksakan belajar pada waktu tersebut. Intinya, Anda harus belajar pada saat suasana hati sedang baik. Jika memaksakan pun akan percuma dan pelajaran yang Anda pelajari tidak akan masuk ke otak.

Hindari hal yang dapat menganggu Anda

Salah satu penghambat dalam memulai belajar adalah smartphone atau gadget lainnya. Dengan masih adanya gadget, tujuan awal dari belajar pun akan berubah. Banyak dari Anda pasti gagal fokus dan berujung tidak jadi belajar. Jauhkan smartphone Anda dan matikan paket data sebelum memulai belajar. Letakan juga gadget yang jauh dari jangkauan Anda untuk memaksimalkan pembelajaran.

Semoga beberapa poin di atas dapat membantu Anda dalam belajar agar tidak cepat lupa. Tips terakhir ialah practice make perfect. Ungkapan ini dirasa tepat karena pada dasarnya semakin banyak Anda berlatih, semakin mahir juga Anda.

(Dikutip dari berbagai sumber)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *